Connect with us

Aplikasi Android

Cara Mengaktifkan Enkripsi End to End WhatsApp

Published

on

end to end Whatsapp

Cara Mengaktifkan Enkripsi End to End WhatsApp- aplikasi whatsapp menjadi aplikasi yang sangat akrab oleh manusia jaman sekarang. Aplikasi yang rata-rata digunakan oleh para pengguna smartphone di dunia, membuat aplikasi ini menjadi aplikasi yang dipercaya dan memiliki eksistensi yang tinggi.

Whatsapp selalu memperbarui fitu-fitur yang ia miliki sehingga dapat menyamankan para pengguna aplikasi ini dan tidak mengecewakan para penggunanya. Aplikasi whatsaap dapat mealkukan segala bentuk komunikasi yang diperlukan oleh manusia dalam jarak dekat maupun jarak jauh.

Menjadi sebuah aplikasi chattingan yang sering digunakan oleh masyarakat dunia. whatsaap harus memiliki bentuk keamanan yang sangat canggih untuk mengamankan segala data-data yang dimiliki oleh para penggunanya. Data-data yang sangat rahasia ini berbentuk chattingan rahasia para pengguna, isi panggilan dan wajah yang disiarkan dalam video call ataupun bentuk rahasia-rahasia lainnya.

Untuk menjaga keamanan tersebut, whatssapp menggunakan keamanan dengan sistem enkripsi dari ujung ke ujung atau dalam bahasa inggrisnya end to end. Mungkin diantara kalian masih bingung apa itu sistem enkripsi end to end, berfungsi sebagai apa dan bagaimana cara mengaktifkannya?. Pada ulasan kali ini kita akan mengupas semua tentang enkripsi end to end.

Baca Juga : HP Redmi Led Kedip-Kedip Tidak Bisa Hidup

Sebelumnya bagi kalian yang pernah melihat teman mengunggah story d Whatsapp tetapi foto tersebut ditutupi dan kalian penasaran ingin melihatnya. Maka kalian dapat menghapus stiker atau objek yang menghalangi tersebut dengan membaca artikel berikut yang berjudul cara menghilangkan stiker di foto dengan mudah.

Pengertian Dan Fungsi

Dalam sistem keamanan yang digunakan oleh beberapa aplikasi, whatsapp menggunakan enkripsi sebagai sistem keamanan data mereka. Sistem enkripsi ini adalah sebuah sistem keamanan yang menggunakan metode yang memungkinkan suatu data terkunci. Sehingga keamanan ini membuat data yang ada hanya bisa dilihat oleh pengguna yang memiliki data tersebut.

Baca Juga  Cara Mengatasi Redmi Note 4X Tidak Bisa Hidup Led Kedip-Kedip Merah

Dalam sistem enkripsi data terdapat beberapa macam. Whatsapp menggunakan enkripsi end to end, pada sistem ini membuat data tidak dapat dilihat oleh hacker atau perentas yang merentas menggunakan jalur komunikasi. Enkripsi ini dihubungkan kepada web dan sofware client sehingga data hanya dapat dilihat oleh penerima data tersebut.

Cara Mengaktifkannya

Untuk mengaktifkan sistem keamanan ini, kamu dapat mengikuti cara dibawah agar pesan yang kamu kirimkan hanya dapat dibaca oleh penerima pesan tersebut saja.

  1. Masuk ke dalam aplikasi whatsaap di handphone kamu. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di google play store dan dapat mendaftarkan nomor kamu untuk menjadi akun whatsapp yang dapat digunakan
  2. Setelah masuk ke halaman whatsapp, kamu dapat mengaktifkannya secara manual dengan pergi ke akun atau nomor yang ingin kamu enkripsi
  3. Setelah masuk ke dalam room chat kontak tersebut, pergilah ke info kontak
  4. Untuk melihat info kontak tersebut kamu dapat mengeklik nama atau icon gambar yang dimiliki oleh kontak tersebut
  5. Kamu akan dibawa ke halaman info kontak untuk mengetahui informasi seputar akun whatsaap yang kamu inginkan
  6. Dalam informasi tersebut terdapat nama kontak, nama pengguna, nomor telepon, dan grup yang sama, kamu juga bisa mendapatkan data yang dikirimkan oleh akun tersebut
  7. Pada tampilan info kontak kamu dapat mengulir ke bawah dan menemukan menu enkripsi
  8. Klik menu enkripsi tersebut untuk mengatifkannya
  9. Kamu akan mendapatkan kode QR dan beberapa nomor, pindai kode QR tersebut untuk mengaktifkan sistem enkripsi end to end
  10. Apabila sudah melakukan pindai kode dan kode yang diberikan cocok berarti sistem enkripsi yang diinginkan telah diaktifkan

Cara diatas dapat mengamankan segala bentuk pesan, panggilan, dan video call yang dilakukan oleh akun tersebut. semoga membantu.

Baca Juga  Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, dan Dicoret di Whatsapp

Bagi kalian yang ingin membaca artikel menarik lainya bias kunjungi situs Rafsablog.id yang membahas tentang media sosial dengan pembaahsan yang tidak bertele-tele.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Aplikasi Android

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Whatsapp

Published

on

fitur dark mode whatsapp

Zulfikars – Tahukah kamu bahwa beberapa waktu yang lalu, whatsapp telah merilis versi terbaru yang sudah mendukung dark mode atau mode malam. Ada yang bilang bahwa fitur tersebut masih berjalan pada versi beta, namun besar kemungkinan fitur dark mode whatsapp akan dirilis di versi global.

Saat ini juga sedang beredar kabat kalau whatsapp akan menampilkan iklan, dan ada biaya untuk instalasi whatsapp sebesar 3 dollar pertahun. Mungkin update tersebut akan bebarengan dengan update dark mode whatsapp pada aplikasi secara global.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur dark mode di whhatsapp? berikut tutorialnya yang cukup mudah sekali.

Fitur dark mode baru tersedia di aplikasi whatsapp versi 2.20.13 yang saat ini hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah terdaftar di google play beta program.

Update : Saat ini fitur dark mode Whatsapp sudah bisa dinikmati

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Whatsapp

  • Buka aplikasi whatsapp
  • kemudian pilih menu setting atau setelan dengan menekan titik tiga yang berada di pojok kanan atas
  • pilih menu chat
  • Disitu akan ada pilihan theme, Pilih menu theme tersebut
  • Ada tiga pilihan tema, yakni; Tema default, Light (cerah), dan Dark mode (mode malam)
  • Secara ototmatis mode tersebut akan aktif tanpa memulai ulang aplikasi.

Karena sampai saat ini mode tersebut belum dirilis, kita hanya bisa menunggu saja.

Namun bagi kalian yang menggunakan HP Xiaomi (versi tertentu) kamu bisa mengaktifkan mode malam lewat pengaturan hp xiaomi. caranya :

  • Masuk setting/ pengaturan
  • Pilih menu display
  • Pilih dark mode.Akan ada tiga pilihan, antara lain :
  • Automatic (berdasarkan realtime dari hp kamu) yang aktif secara otomatis berdasarkan jam pada hp. jika jam sudah menunjukkan pukul 6 sore maka mode malam akan hidup. ketika menunjukkan pukul 6 pagi mode malam otomatis akan berhenti.
  • Always On, sesuai namanya, mode malam akan selalu aktif
  • Always off, mode malam tidak akan hidup kecuali di aktifkan
Baca Juga  Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode Whatsapp

Kelebihan Menggunakan Dark Mode

Kehadiran dark mode membawa beberapa kelebihan dan kekurangan. Namun saya akan membahas kelebihannya saja. Berikut kelebihan fitur dark mode.

  • Lebih hemat konsumsi baterai. Mengingat warna yang diberikan hanya warna hitam.
  • Nyaman dan enak di mata. Terlalu sering melihat kecerahan layar tidak bagus untuk mata. Untuk itulah dihadirkan fitur dark mode. Sebetulnya sudah ada fitur serupa yaitu Blue light Mode, dimana tampilan layar terlihat sedikit gelap dari biasanya.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai fitur dark mode pada aplikasi whatsapp. Semoga versi terbaru yang support dark mode segera dirilis untuk global. Sekian semoga bermnafaat, sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Continue Reading

Aplikasi Android

Cara Membuat Tulisan Tebal, Miring, dan Dicoret di Whatsapp

Published

on

Zulfikars Sebagai aplikasi chatting yang banyak digunakan dalam skala international, Whatsapp memberikan fitur fitur menarik sebagai aplikasi chatting. Belum lagi ada kabar bahwa whatsapp akan mengahdirkan fitur dark mode / mode malam. Hanya saja fitur dark mode whatsapp belum bisa dinikmati secara global sampai saat ini.

Sebagai aplikasi chatting, whatsapp telah menghadirkan fitur dimana kita bisa menandai beberapa teks dengan efek tertentu. Dengan begitu, pembaca bisa mengetahui inti dari pesan yang disampaikan.

Fitur tersebut adalah, Efek tulisan tebal, miring, dan dicoret yang sudah ada di whatsapp sejak pertama kali rilis. Oh iya, sebagai informasi saja, whatsapp saat ini sudah menjadi bagian dari facebook. Bisa kmau lihat saat membuka whatsapp terdapat tulisan “from facebook”.

Lalu bagaimana cara membuat efek tulisan tebal, miring, dan dicoret di Whatsapp? apakah butuh keahlian script/coding?. Tentu saja tidak, kamu hanya perlu menambahkan beberapa kode singkat saja, yang tentunya mudah dihafal. Berikut tutorial lengkapnya.

Membuat Efek Tulisan Tebal

Efek tulisan tebal berguna untuk chat yang mengandung subheading, atau subbagian dari judul pesan. Misalnya kamu membuat chat tentang tutorial. Bisa juga untuk menandai teks yang paling urgen yang ada di chat tersebut.

  1. Bisa dibagian chating, atau saat membuat sebuah history
  2. ketikkan tanda bintang di awal dan akhir teks yang ingin ditebalkan. Contoh : *Cara Menanak Nasi*
  3. Teks akan otomatis tebal setelah kamu mengetikkan tanda bintang di akhir teks

Membuat Efek Tulisan Miring

Saya sendiri belum terlalu paham fungsi membuat teks menjadi miring di pesan whasapp. Namun dalam penulisan artikel, teks miring digunakan untuk menandai teks yang bukan bahasa indonesia (jika kita menulis artikel dalam bahasa indonesia). Berikut caranya :

  1. Bisa digunakan di bagian pesan ataupun history
  2. Tambahkan kode underscore diawal dan akhir teks yang ingin ditandai. Contoh : _conectivity_
  3. Secara otomatis teks akan miring setelah kamu mengetikkan tanda underscore di akhir teks
Baca Juga  Cara Repair IMEI Meizu M2 dan Rewrite IMEI

Membuat Efek Tulisan Dicoret

Efek tulisan dicoret atau strikethrough di whatsapp berfungsi untuk menandai teks yang salah, atau jika kamu mempromosikan produk, efek dicoret bisa digunakan untuk menandai harga produk yang sedang diskon. Berikut caranya :

  1. Bisa digunakan di bagian perpesanan atau di history whatsapp
  2. Tambahkan kode tilde atau gelombang (~) di awal dan di akhir teks. Contoh : ~1.500.000~
  3. Setelah kamu mengetikkan kode tilde di akhir teks, teks otomatis menjadi tercoret.

Kamu juga bisa menggabungkan ketiga efek tersebut dalam satu teks. Misalnya ada ingin membuat sebuah teks dengan efek tebal, miring, dan dicoret. Kamu tinggal menambahkan kode tersebut di awal dan di akhir teks. Contoh : _~*Tulisan Miring, Dicoret, dan Tebal*~_

Nah, itulah sedikit tutorial dari saya, semoga bermanfaat dan mudah diterapkan, semoga berhasil, sampai jumpa di tutorial berikutnya.

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.